Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Masalah Yang Kerap Terjadi Pada Printer Dot Matrix

7 Jenis Masalah Yang Kerap Terjadi Pada Printer Dot MatrixBeberapa tahun belakangan ini, Printer DotMatrix menjadi salah satu printer yang banyak diminati. Khususnya oleh beberapa instansi atau perusahaan besar yang kerap melakukan cetak dokumen untuk berbagai keperluan dan administrasi kantor. Printer jenis ini memang memiliki resolusi cetak yang cukup baik dan kecepatan yang tinggi.

Namun, sayangnya printer berjenis DotMatrix mempunyai beberapa kelemahan salah satunya suara yang cenderung keras ketika dijalankan. Selain itu, ada beberapa masalah yang kerap ditimbulkan oleh printer DotMatrix. Jika printer DotMatrix yang Anda pakai mengalami beberapa masalah seperti berikut, atasi dengan cara yang tepat.

Berikut adalah 7 Jenis Masalah yang kerap terjadi pada printer Dot Matrix

Masalah pada power suplay printer dot matrix

power suplay printer dot matrix

Masalah pada power suplay printer dot matrix sering terjadi karena power suplay yang berhubungan langsung dengan arus listrik dimana power suplay ini yang memberikan input listrik keseluruh komponen printer.  Pada umumnya jenis kerusakannya adalah mati total bisanya ini terjadi apabila arus listrik yang tidak stapil dan pemakaian printer yang nonstop.


Masalah pada mainboard printer dot matrix

Mainboard printer dot matrix
Masalah pada mainboard printer dot matrix umumnya jarang terjadi karena apa bila mainboard printer dot matrix sampai rusak/mati ada kemungkinan power suplay juga rusak. Masalah pada mainboard printer dot matrix biasanya karena input power suplay yang tidak stabil akibatnya mainboard bisa menjadi rusak. 

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan mainboard printer dot matrix masalah diantaranya adalah Dinamo feed error, Dinamo carriage error, Spool print head error dan masih banyak lagi lainnya. 


Masalah pada head printer dot matrix

Head printer dot matrix
Masalah pada head printer dot matrix pada umumnya adalah hasil cetak yang tidak sempurna atau ada garis putus horizontal yang tidak tercetak itu disebabkan karena jarum head patah atau sering disebut "ompong" adapun masalah lainnya adalah spool print head rusak, kabel data print head putus atau patah maka hasil cetak bisa dipastikan bermasalah juga.


Masalah pada dinamo carriage printer dot matrix

Dinamo Carriage printer dot matrix`

Pada umumnya dinamo carriage printer dot matrix jarang sekali rusak, untuk mengenali masalah pada dinamo carriage printer dot matrix adalah print head tidak dapat bergerak ke kanan dan kekiri, kerusakan dinamo carriage printer dot matrix dapat menyebabkan kerusakan pada mainboard atau sebaliknya kerusakan pada mainboard dapat menyebabkan dinamo carriage menjadi rusak.


Masalah pada dinamo feed printer dot matrix

Dinamo Feed printer dot matrix`
Dinamo feed adalah motor pengerak roller platen apa bila masalah pada dinamo feed printer dot matrix maka roller platen tidak dapat menarik kertas untuk dicetak, bisanya penyebab kerusakan pada dinamo feed adalah karena konslet pada mainboard akibatnya dinamo feed tidak dapat bekerja adapun penyebab lain dari rusaknya dinamo feed adalah gear reduction yang sudah tidak dapat lagi bekerja secara maksimal maka bisa menyebabkan kerusakan pada dinamo feed.


Masalah pada sensor kertas printer dot matrix

Sensor Kertas printer dot matrix

Pada sensor kertas printer dot matrix sering sekali bermasalah karena sensor inilah yang membaca adanya kertas yang siap untuk di cetak, penyebab dari rusaknya sensor kertas printer dot matrix adalah kotoran atau debu yang masuk kedalam sensor atau penyebab lainnya adalah konslet dari mainboard maka bisa dipastikan sensor printer dot matrix ini bermasalah.


Masalah pada sensor head printer dot matrix

Sensor Head printer dot matrix
Pada sensor head printer dot matrix juga sering bermasalah penyebabnya sama seperti pada sensor kertas, fungsi sensor head ini adalah yang membaca margin kanan dan margin kiri pergerakan dari print head apabila sensor ini bermasalah maka pergerakan print head tidak beraturan, penyebab lainnya juga sama seperti pada sensor kertas apabila konslet pada mainboard maka bisa dipastikan sensor print head juga bermasalah.

Demikian informasi kali ini mengenai "7 masalah pada printer dot matrix" Semoga menambah pengetahuan kalian mengenai Printer Dot Matrix ini.

Erwan Setiawan
Erwan Setiawan Blogger, Internet Marketer

Posting Komentar untuk "7 Jenis Masalah Yang Kerap Terjadi Pada Printer Dot Matrix"