Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) Terbaru

Mendikbud memutuskan bahwa tahun 2020 merupakan pelaksanaan Ujian Nasional untuk terakhir kalinya dan Penyelenggaraan Ujian Nasional tahun 2021 akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) dan Survei Karakter, yang terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Pelaksanaan ujian tersebut akan dilakukan oleh peserta didik yang berada di tengah jenjang sekolah (misalnya kelas 4, 8, 11), sehingga dapat mendorong guru dan sekolah untuk memperbaiki mutu pembelajaran. Dengan dilakukan pada tengah jenjang, hasil asesmen bisa dimanfaatkan sekolah untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik.

Contoh Soal AKM dari Puspendik
Asesmen yang dilakukan sejak jenjang SD, hasilnya dapat menjadi deteksi dini bagi permasalahan mutu pendidikan nasional. Hasil ujian tidak lagi digunakan untuk basis seleksi siswa ke jenjang berikutnya. Arah kebijakan ini juga mengacu pada praktik di tingkat level internasional, seperti PISA dan TIMSS.

Baca juga: 5 Langkah Instal Office 365 secara Offline

Asesmen Kompetensi Minimum

Asesmen Kompetensi Mininum (AKM) dilaksanakan tidak berdasarkan atas penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam Ujian Nasional. Asesmen tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi.

Asesmen kompetensi pengganti UN akan dirancang untuk memberi dorongan lebih kuat ke arah pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan penalaran, bukan hafalan.

Literasi dan numerasi adalah kompetensi yang sifatnya general dan mendasar. Kemampuan berpikir tentang, dan dengan, bahasa serta matematika diperlukan dalam berbagai konteks, baik personal, sosial, maupun profesional. Literasi tidak hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan kompetensi numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka.

Dua hal tersebut yang akan menyederhanakan asesmen kompetensi minimal yang akan dimulai tahun 2021, sehingga bukan lagi berdasarkan mata pelajaran dan penguasaan materi.

Literasi dan numerisasi menjadi kompetensi minimum atau kompetensi dasar yang dibutuhkan peserta didik untuk bisa belajar,

Baca juga: Buku Sekolah Digital Gratis (Link Gdrive)

Survei Karakter

Survei karakter dilakukan untuk mengetahui data secara nasional mengenai penerapan asas-asa Pancasila oleh peserta didik Indonesia.

Survei karakter untuk mengetahui apakah asas-asas Pancasila benar-benar dirasakan oleh peserta didik dan tidak hanya berupa data kognitif, misalnya bagaimana implementasi gotong royong, kebahagiaan anak di sekolah, dan ada tidaknya bullying di sekolah. Hasil survei tersebut selanjutnya akan menjadi suatu panduan bagi sekolah dan Kemendikbud.

Survei karakter tersebut akan dijadikan tolok ukur untuk bisa memberikan umpan balik atau feedback ke sekolah-sekolah agar dapat menciptakan lingkungan sekolah yang membuat peserta didik lebih bahagia dan lebih kuat dalam memahami dan menerapkan asas Pancasila.

Baca juga: Aplikasi Pengumuman Kelulusan Berbasis PHP Gratis

Contoh Soal AKM ( ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM )

Jika sebelumnya kebanyakan soal-soal di jenjang pendidikan di Indonesia adalah berupa soal-soal kognitif tingkat rendah seperti hapalan maka dalam AKM ini soal-soal lebih menekankan kepada Soal-soal High Order Thingking atau HOT dan merupakan soal penalaran.

Soal AKM juga terlihat lebih berjenjang, runut dan sistematis berupa kelanjutan berfikir setelah soal sebelumnya. Soal AKM juga menekankan kepada sikap sosial dan psikologis yang mengukur sikap-sikap siswa yang selama ini tidak terukur dengan UNBK.

Berikut adalah beberapa 5 contoh Soal AKM

1. Salma diajak temannya untuk datang ke acara jumpa fans artis idolannya, namun waktunya bertepatan dengan jadwal bimbingan belajar. Ia sudah mempunyai kesepakatan dengan orang tuanya untuk tidak bolos. Apa yang seharusnya Salma lakukan?

a. Mengikuti ajakan temannya, karena acara tersebut jarang dilakukan

b. Meminta izin pada orang tua, untuk sekali ini saja bolos bimbel

c. Tetap bimbel dan meminta temannya untuk memvideokan acara tersebut

d. Tetap bimbel namun meminta izin untuk pulang lebih awal


2. Khairul dan Lukas mendapat tugas untuk mencari materi di internet. Ketika sedang mengerjakan tugas di rumah Lukas, Khairul diajak bermain game online. Padahal, Ibu Khairul agar ia tak bermain game online. Apa yang seharusnya dilakukan Khairul?

a. Mengikuti ajakan Lukas, karena game tersebut edisi terbaru

b. Bermain sebentar untuk menghilangkan rasa bosan

c. Menolak bermain game dan menyelesaikan tugasnya

d. Meminta izin pada ibunya untuk bermain game setelah tugasnya selesai


3.Sekolah melarang siswa-siswinya berambut gondrong. Seorang guru menegur Rudi agar segera memotong rambutnya yang sudah terlihat gondrong. Padahal Rudi menyukai model rambutnya saat ini. Apa yang sebaiknya dilakukan Rudi?

a. Membaut alasan agar dimaklumi guru

b. Segera memotong rambutnya setelah pulang sekolah

c. Mempertahankan gaya rambutnya yang gondrong

d. Menunggu sampai ditegur lagi lalu memotong rambutnya


4, Alisa berasal dari suku yang berbeda dengan Gita, ketika sedang berdiskusi tentang kebudayaan, Gita sangat membanggakan suku asalnya, sehingga menyinggung pearasaan Alisa, apa yang sebaiknya dilakukan Alisa?

a. Menyanggah apa yang dikatakan Gita mengenai sukunya

b. Mengabaikan perasannya dan focus pada topic diskusi

c. Membalas dengan memberi contoh negative tentang suku asal Gita

d. Menyampaikan bahwa semua suku memiliki keunikan masing-masing


5. Marlina menemukan uang yang jatuh disekolahnya, ia ingin mengembalikan uang tersebut, namun tidak tahu siapa pemiliknya, apa yang sebaiknya dilakukan Marlina?

a. Membawa uang tersebut pulang

b. Uang diserahkan ke guru

c. Memberitahukan kepada temannya

d. Membiarkan saja


untuk mengetahui dengan lengkap contoh soal AKM bisa dilihat pada link dibawah ini

Berikut adalah contoh soal AKM yang bisa anda download beserta jawabannya, semoga bermanfaat !

Contoh Soal AKG Madrasah - KLIK DISINI atau KLIK DISINI

Contoh Soal AKM - KLIK DISINI atau KLIK DISINI

Contoh Soal AKM - KLIK DISINI atau DISINI


Demikianlah postingan kali ini mengenai "3 Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) Terbaru". Semoga bermanfaat buat kalian semua.

Jika ada link yang rusak atau tidak bisa diakses silakan beritahu kami lewat kolom komentar dibawah ini.

Erwan Setiawan
Erwan Setiawan Blogger, Internet Marketer

Posting Komentar untuk "3 Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) Terbaru"