Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Aplikasi Takola Terbaru

Sistem Manajemen Aplikasi TAKOLA SMK pada hakikatnya adalah merupakan suatu sistem yang mengendalikan proses managemen pemberian bantuan kepada sekolah dari mulai tahapan pengusulan oleh sekolah, tahap verifikasi ulang data sekolah, tahap pengajuan pengesahan ke Dinas Pendidikan Provinsi hingga pada proses penentuan calon penerima bantuan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan dan pelaporan pelaksanaan bantuan sekolah kembali.

Tahapan Verifikasi Takola

Sistem ini diharapakan dapat memaksimalkan dan meningkatkan efisiensi dalam proses pemberian bantuan dan monitoring tahapan pelaksanaan bantuan di sekolah sehingga seluruh proses dapat terpantau dan terkoordinasi dengan baik.


Buku manual Panduan Penggunaan Aplikasi TAKOLA SMK ini mempunyai peran straregis mengingat besarnya peran sekolah dalam aplikasi TAKOLA SMK, terutama sebagai acuan dalam pengoprasian sistem ini.

Buku Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018 ini tidak hanya bermanfaat bagi Direktorat Pembinaan SMK selaku pengelola utama aplikasi TAKOLA SMK, namun juga sangat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan Provinsi selaku Instansi yang membawahi sekolah langsung khusus nya sekolah menengah kejuruan yang merupakan ujung tombak pengguna aplikasi TAKOLA SMK ini


Dalam surat Direktorat Pembinaan SMK No 995/D5.2/KU/2018, dinyatakan bahwa Dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan bantuan pemerintah di lingkungan Direktorat Pembinaan SMK T.A 2018, dengan hormat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut :
  1. Proses pengusulan kebutuhan sekolah, proses penyaluran dan pelaporan bantuan dilakukan secara online dan terintegrasi melalui Aplikasi Takola SMK. Aplikasi tersebut merupakan integrasi dari data dapodik dan verifikasi wilayah yang telah diperbaharui pada tahun sebelumnya.
  2. Aplikasi Takola SMK dapat diakses pada laman: http://psmk.kemdikbud.go.id/takola. Aplikasi tersebut diisi oleh Sekolah sesuai kebutuhan dan pelaksanaan bantuan di lapangan. kemudian divalidasi oleh ketua MKKS masing-masing wilayah dan disetujui oleh Dinas Pendidikan Provinsi sesuai dengan panduan penggunaan aplikasi sebagaimana terlampir.
  3. Untuk penyaluran bantuan tahun 2018. Direktorat Pembinaan SMK sudah menjaring data kebutuhan sejak tahun 2017 sebagai dasar penentuan keputusan. Namun demikian, mengingat adanya integrasi sistem melalui Aplikasi Takola SMK ini, Kami masih menunggu perbaikan data melalui Aplikasi Takola SMK dari masing-masing Sekolah, MKKS dan Dinas Pendidikan Provinsi sampai dengan batas waktu tanggal 28 Februari 2018.
  4. Penjaringan data Takala SMK untuk penyaluran bantuan tahun 2019 akan dimulai sejak tanggal 1 Maret 2018 s.d 31 Oktober 2018.


Silahkan Bagi rekan-rekan Guru SMK untuk dapat mendownload Panduan Aplikasi Takola atau Panduan Aplikasi Tata Kelola SMK Tahun 2018 melalui tautan yang telah Admin berikan dibawah ini.

Link Unduh
  1. Surat Penyaluran Bantuan Pemeritah Melalui Aplikasi Takola [KLIK DISINI]
  2. Panduan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018 [KLIK DISINI]
Demikianlah postingan kali ini mengenai Panduan Aplikasi Takola Terbaru, Semoga bermanfaat buat kalian semua.

Salam Satu Data
Erwan Setiawan
Erwan Setiawan Blogger, Internet Marketer

Posting Komentar untuk "Panduan Aplikasi Takola Terbaru"