Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Exambro Admin CBTSync - Dashboard

EXambro adalah aplikasi yang berjalan di platform operating system windows dengan menggunakan library program dari aplikasi web browser. Xambro berjalan optimal jika menggunakan library aplikasi web browser Google Chrome.

Berikut adalah tampilan Dashboard pada status CBTSync:

Dashboard pada Status CBTSync

  • Dashboard pada Status CBTSync : (a) Status CBTSync, terdiri dari OFFLINE, STANDBY dan AKTIF (b) ID Server, sesuaikan dengan ID Server yang ada di website unbk.kemdikbud.go.id (c) Nama server, akan muncul nama sekolah sesuai dengan ID Server milik sekolah tersebut (d) Serial no. merupakan angka unik yang akan terdaftar di server pusat dan akan terhubung dengan ID Server, serial no. ini akan muncul secara otomatis (e) Tombol Submit, tombol ini adalah tombol kunci yang akan sering dipergunakan dalam berbagai hal dalam pelaksanaan teknis UNBK ini
Aplikasi UNBK Starter

  • Untuk menjalankan CBTSync harus menjalankan Puspendik.UNBK.Starter.exe yang ada di dalam Folder UNBK Starter serta menghubungkan LAN pada port 1. Mohon diperhatikan dibawah tulisan connection established harus muncul tanda “…” (titik-titik). Aplikasi ini harus tetap menyala selama menjalankan VM.
Aplikasi CBTSync - Tampilan Awal CBTSync

  • Untuk mengaktifkan CBTSync. Dibutuhkan ID Server yang dapat diperoleh melalui website unbk.kemdikbud.go.id,
  • Serial No ini secara otomatis terisi dan ini akan langsung terdaftar ke server pusat. Penggunaan ID Server dan Serial No harus selalu berpasangan,
  • CBTSync akan tampil dengan menampilkan Nama Sekolah, ID Server dan Serial Number. Aplikasi CBTSync tidak dapat digunakan dalam status tidak aktif.
  • Masukkan ID Server dan tekan tombol Masuk, maka: (a) Status CBTSync akan berubah menjadi STANDBY Akses ke Server Pusat Ditutup, (b) Nama server akan otomatis terisi, (c) Serial number akan otomatis terisi (d) Hal ini merupakan suatu kondisi dimana penggunaan ID Server dan Serial No telah sesuai namun akses ke server pusat masih ditutup. Waktu akses ke server pusat akan diberitahukan melalui website unbk.kemdikbud.go.id. Untuk detilnya silahkan lihat gambar berikut:
menunjukkan CBTSync yang berstatus STANDBY

  • Jika Status yang muncul adalah STANDBY – ID Server/SN tidak sesuai dengan server pusat, hal ini terjadi jika ID Server sudah terpakai pada mesin lainnya. Jika hal ini terjadi maka periksa kembali apakah ID Server yang dimasukkan sudah sesuai dengan ID Server yang diberikan melalui web UNBK. Atau jika pernah melakukan sinkronisasi dan mengganti mesin/server, harus mengajukan permintaan unlock melalui web UNBK.
Aplikasi CBTSync  - Dashboard Status Standby

  • Jika status yang muncul adalah OFFLINE – CBTSync tidak terkoneksi dengan internet maka silahkan cek kembali konfigurasi jaringan (network) pada VM
Aplikasi CBTSync  - Dashboard Status Offline

  • Jika status yang muncul adalah AKTIF, maka CBTSync siap digunakan untuk sinkronisasi, rilis token dan upload
Aplikasi CBTSync  - Dashboard Status Aktif

Demikianlah postingan kali ini mengenai "Aplikasi Exambro Admin CBTSync - Dashboard". Semoga bermanfaat buat kalian semua.

Salam Satu Data



Erwan Setiawan
Erwan Setiawan Blogger, Internet Marketer

Posting Komentar untuk "Aplikasi Exambro Admin CBTSync - Dashboard"