Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petunjuk Singkat Exim Nilai Dapodik 2018b versi 2.1

Aplikasi ini sekedar aplikasi pendukung dan bukan aplikasi resmi dari Kemdikbud untuk input nilai rapor dapodik 2018b yang bisa digunakan baik untuk SMP, SMA dan SMK. Adithtya Exa Ramadhan hanya mencoba membantu memudahkan sekolah dalam input nilai rapor dan USBN dalam sekali perintah maka akan memasukkan nilai rapor dan USBN seluruh mapel dalam satu rombel. Aplikasi yang Adithtya Exa Ramadhan kembangkan hanya sekedar iseng saja serta bersifat freeware dan Adithtya Exa Ramadhan dedikasikan untuk seluruh teman operator dapodik yang bersentuhan langsung dengan penginputan nilai rapor dan USBN setiap tahun.

Syarat-syarat kebutuhan :

  1. Sebelum dapat menggunakan aplikasi Exim Nilai Dapodik 2018b v2.0 harus sudah terinstall aplikasi Dapodik 2018b Patch 2.0 dan sudah menyusun urutan mata evaluasi dari masing-masing rombel pada tahun ajaran tertentu.
  2. Untuk dapat menggunakan aplikasi Exim Nilai Dapodik 2018b harus sudah terinstall driver psqlodbc dan Net Framework 4.0
  3. Karena ukuran file aplikasi sangat kecil (portable) maka sementara antivirus didisable/non aktifkan terlebih dulu karena sering kali akan dideteksi sebagai aktifitas virus.
  4. Sudah terinstall Microsoft Office versi 2010 atau versi diatasnya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Menu Transfer Respons UNBK

Cara Penggunaannya :

  1. Sebelum menggunakan aplikasi Exim Nilai Dapodik pastikan pada Dapodik sudah maping Mata Evaluasi Rapor/USBN terlebih dulu pada tiap rombel di masing-masing semester 1 sampai semester 5.
  2. Saat pertama kali akan menggunakan aplikasi ini terlebih dulu dapodik harus/wajib sudah disinkron untuk menjaga kalau-kalau terjadi error akibat kesalahan prosedur.
  3. Pastikan sebelum menjalankan aplikasi Exim Nilai Dapodik 2018b aplikasi Dapodik dalam kondisi close atau tidak aktif.
  4. Klik Ekspor .... dan jika selesai diproses akan tersimpan sebuah file template excel pada folder Exim Nilai Dapodik di Documents
  5. Buka file template excel tersebut serta isikan data nilai rapor atau USBN seluruh mapel lalu simpan dan tutup filenya.
  6. Klik Impor .... dan klik Yes untuk memproses lalu tunggu sampai selesai.
Aplikasi Exim Nilai Dapodik 2018b bisa diambil Disini dan petunjuk penggunaannya silakan ambil disiniUntuk lebih jelasnya silakan tonton video dibawah ini


Catatan Penting: 
Setiap kali akan impor wajib terlebih dulu melakukan ekspor untuk menghasilkan data riil nilai di dapodik dan setelah diisi/diedit datanya pada file excel hasil ekspor maka tinggal lakukan impor.
Erwan Setiawan
Erwan Setiawan Blogger, Internet Marketer

Posting Komentar untuk "Petunjuk Singkat Exim Nilai Dapodik 2018b versi 2.1"