Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Verval Peserta Didik (Verval PD)

NISN merupakan nomor unik yang wajib dimiliki setiap peserta didik dimulai dari jenjang sekolah dasar dan merupakan nomor unik yang berlaku untuk selamanya. Saat ini Operator Sekolah disamping disibukkan oleh Data Dapodik juga sibuk dengan urusan Verval NISN Peserta Didik.

Oleh karena itu kami akan sedikit menjelaskan tutorial ini sebagai panduan singkat bagi Operator Sekolah untuk melakukan Verval NISN Peserta Didik hasil sinkronisasi Dapodik bagi Sekolah yang sudah melakukan sinkronisasi.

Namun sebelum itu kami akan menjelaskan beberapa fitur yang perlu anda pahami di situs Verval PD tersebut, di antarnya saya rangkum sebagai berikut:

Pertama adalah menu Home pada menu ini menampilkan diagram lingkaran yang menunjukkan persentase perbandingan data Referensi yaitu siswa yang sudah sesuai (warna biru) dan Residu yaitu data yang belum sesuai atau yang belum anda verval (warna biru).
Situs Verval PD

Artinya anda wajib membuka menu Residu untuk memulai melakukan Verval PD, berikut Cara melakukan verval Peserta Didik :
  • Login ke Situs Verval PD (Klik Disini)
  • Masukkan Username dan Password yang anda dapatkan saat mendaftar sebagai Operator Sekolah di laman sdm.data.kemdikbud.go.id
  • Setelah masuk pilih menu Residu.
Menu Residu Pada Aplikasi Verval PD
  • Klik nama siswa yang ingin anda Verval, maka akan muncul kotak pencarian di paling bawah halaman, jika hingga pencarian ke 5 data tidak ada yang sesuai di kotak pencarian tersebut, klik Not Match maka siswa tersebut akan secara otomatis berpindah pada tab menu Referensi dan otomatis siswa tersebut mendapatkan NISN.
  • Jika pada kolom pencarian di temukan, berilah tanda centang pada kotak kecil di sebelah kiri nama siswa, dan selanjutnya anda klik Match dan sama, siswa tersebut secara otomatis berpindah pada tab menu Referensi dan siswa tersebut juga mendapatkan NISN.

Baca Juga : Cara Daftar Operator Sekolah

Demikianlah Info kali ini mengenai "Cara Verval Peserta Didik". Karena Verval PD ini wajib dilakukan agar peserta didik kita mendapatkan NISN.
Erwan Setiawan
Erwan Setiawan Blogger, Internet Marketer

Posting Komentar untuk "Cara Verval Peserta Didik (Verval PD)"